Hotel Review: Savoy Homann Hotel, Bandung

Friday, August 7, 2015

Nyapu-nyapu blog dulu aahhh... Debuan banget nih kayanya, kelamaan ditinggal (>_<) ...

Sebenernya banyak banget postingan yang ketinggalan, tapi upload nya nanti deh satu-satu.. Meanwhile, sekarang mau upload yang masih fresh di ingatan aja alias review hotel yang diinepin pas Lebaran kemaren (;p).

I know it's late to post this karena lebaran udah kelar dari bulan lalu, tapiiii.... dari pada nggak di publish sayang juga udah foto-foto hehe Jadi gapapa lah ya, better late than never hehe.. Siapa tahu berguna buat yang kebetulan lagi cari review karena mau nginep di hotel yang sama ;)

Jadi, lebaran kemarin saya dan suami berangkat ke Bandung sehari sebelum hari H, untuk berlebaran dengan keluarga besar suami yang memang tinggal di Bandung. Lalu pada hari H Lebaran - sorenya kita pulang lagi ke Jakarta untuk ngejar ketemu sama keluarga saya yang ngumpul di rumah mama. Dan pas malam takbiran itu kebetulan kami sekeluarga menginap di Savoy Homann Hotel.


 Savoy Homann dulu ...
(pic credit from klikhotel.com)

Savoy Homann sekarang ...
(pic credit from Indonesia-Tourism.com)

Alhamdulillah saya bisa punya kesempatan untuk menginap di hotel yang penuh history ini, karena kebetulan saya memang seneng banget sejarah jadi apapun yang ada unsur historisnya pasti sangat menarik untuk saya. Jadi pas tau kalau kita mau menginap di Savoy Homann saya udah seneng banget, penasaran nginap di kamar yang umurnya mungkin udah puluhan atau bahkan ratusan tahun. 

Untuk tau sejarah singkat tentang hotel Savoy Homann, bisa lihat video di bawah ini. Lumayan untuk nambah pengetahuan sejarah karena diceritakan dari awal banget berdirinya hotel ini yang mana waktu itu bentuknya masih seperti losmen belanda :)



Keren yah, siapa sangka kalau Charlie Chaplin dan Mary Pickford pernah menginap di Savoy Homann lho.. Raja Siam juga pernah! Mereka menginap di kamar yang mana yah? (^_^)


Sebelumnya saya pernah juga sih ke Savoy Homann tapi cuma untuk numpang makan doang di Garden Restaurant yang populer dengan menu sarapan-nya itu hehe Walau nggak nginep di hotel-nya kita bisa kok ikut sarapan di Garden Restaurant dengan membayar cover charge di muka.
Anyway, waktu kami menginap disana saya dan suami beruntung sekali dapat kamar di bagian yang dindingnya melengkung, jadi nggak kotak seperti ruangan kamar hotel biasanya. Kelihatan kan dari foto diatas ada bagian bangunan yang bentuknya melengkung setengah lingkaran ;) 

Waktu pertama masuk kaget juga karena kamarnya luas banget untuk ukuran kamar hotel. Kayanya sih kamar kita tertukar sama punya mertua deh (;p) Harusnya kayanya mertua saya yang dapat kamar luas tersebut, tapi karena saya dan suami paling telat datangnya, jadi sampai di hotel langsung masuk kamar dan nggak begitu ngeh sama situasinya, kirain semua anggota keluarga dapat kamar yang sama. Pas paginya baru kita sadar kalau kayanya kamar kita tertukar sama kamar mertua deh hehe


Tapi saya merasa beruntung sekali bisa ngerasain tidur di kamar dengan bentuk unik seperti ini. Karena kebetulan saya juga senang arsitektur jadi bagi saya kamar ini lumayan unik. Dindingnya melengkung mengikuti bentuk bangunan. 

Kamarnya juga luas dan panjang, dengan amenities lengkap seperti meja/kursi, meja rias besar, meja tv, lemari, kamar mandi lengkap dengan area vanity nya yang bersih dan dilengkapi dengan cermin seluruh badan (penting! hihihi). Tempat tidurnya sendiri sebenarnya kecil karena letaknya di salah satu sudut kamar, tapi area tengah kamarnya lumayan luas. Kayanya kalau mau nambah 2 extra bed juga masih lega deh :)


Yang saya suka selain bentuk ruangannya yang unik, juga dindingnya yang dipenuhi kaca besar. Jadi kamarnya terang dan banyak cahaya yang masuk. Kamarnya 90% full karpet dengan interior kayu yang bikin suasana hangat walaupun AC nya dingin. Kamar mandi nya tidak terlalu besar tapi cukup banget lah dengan bath tub / shower air hangat dll. 

Karena waktu yang sempit saya dan suami nggak bisa muter-muter liat suasana sekeliling hotel, tapi pas mau turun pakai tangga ke lantai bawah kita sempat nyasar ke selasar yang lumayan oke buat spot foto hihihi Dari selasar ini juga kita bisa melihat Garden Restaurant atau "Palm Court" yang indah dilihat dari atas.

 Itu yang di seberang sana adalah jendela kamar hotel. Seru juga kali ya kalau dapet kamar yang jendela nya menghadap indoor seperti ini :)


Sarapan pagi seperti biasa dilakukan di Garden Restaurant yang lokasinya ada di tengah-tengah hotel dengan suasana seperti layaknya di sebuah garden. Lengkap dengan pohon palem tinggi dan high ceiling serta jendela-jendela kaca besar di bagian atas yang membuat suasana sarapan sangat nyaman. Mungkin dulunya terinspirasi sama The Palm Court di Plaza Hotel New York yang legendaris itu. Either way, sarapan disini adalah favorit kami. Menu sarapannya banyak, including international food dan juga traditional food seperti ubi rebus, pisang rebus, kacang dll ;)

Karena waktu itu pas hari raya Lebaran jadi restaurant-nya lumayan ramai. Makanan juga sempat habis dan service agak sedikit lambat, tapi maklum lah ya, namanya juga lagi hari raya, mungkin jumlah staff nya juga nggak banyak, tapi kalau sabar menunggu nggak lama kemudian segera di-restock kembali kok makanannya.

Garden Restauran in the afternoon
(pic credit from website Savoy Homann)


Selepas sarapan kami pun segera bergegas ke kamar untuk packing dan siap-siap check out. Tak lupa diiringi doa semoga bisa menginap disini lagi lain kali ;)


 Ada yang sudah pernah menginap di Savoy Homann? Gimana ceritanya?



For more info on room rates and hotel facility :
The Savoy Homann Hotel 
Web: http://savoyhomann-hotel.com
Jalan Asia Afrika No. 112
Bandung 40261
West Java - Indonesia

Tel: +62-22-4232244 Fax: +62-22-4236187 
Email: info@savoyhomann-hotel.com



Happy Vacation-ing!

5 comments:

Guest House Sekitar Lembang Bandung said...

Infonya menarik & bermanfaat. Thx

sprei merk said...

thank you for the information,,,:-)

jual sepatu boots said...

wah,, di review sepraktis ini hotelnya, makasih ya kak, bisa buat liburan sama keluarga

rika opsari said...

Makasih review nya ka, kl boleh tau kamar brp ka? Pengen nyoba jg kamar yg melengkung

Yuri said...

@Rika Opsari : Haii Rika, maaf baru balas. Aduuh aku lupa pula nomernya huhuhu Maaf yaah, gak bisa bantu.. Atau mungkin kamu bisa tlp ke front desk / pihak Savoy Homann nya dulu untuk informasi..

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS