Review : Camp Hulu Cai

Friday, January 29, 2016

Warning: Lots of high-res photos !


Pada awal bulan January 2016 ini, tepatnya tanggal 2-3 January kemarin keluarga besar saya mengadakan liburan kompak ke Camp Hulu Cai. Sebenarnya ini niatnya liburan akhir tahun tapi berhubung tanggal segitu udah keburu full booked dan kami udah ngebet banget pengen ke Camp Hulu Cai ini jadinya kami tetap berangkat tgl 2-3 January bukan pas tahun baru. 

Proses menginap di Camp Hulu Cai ini makan waktu cukup panjang, ditambah ada drama double-booking yang bikin pusing, namun pada akhirnya kami pun berhasil menginap di tempat ini. Seperti diceritakan sebelumnya disini, saat kami sedang survey ke Puncak pada bulan November lalu, kami sempat mampir ke Camp Hulu Cai ini dan langsung naksir banget sama tempat-nya, namun saat itu Camp ini sudah penuh dan full booked - padahal saat itu masih bulan November. Kami pun harus memesan dua bulan sebelumnya saking larisnya tempat ini. Camp Hulu Cai ini memang sepertinya langganan outing/outbound untuk perkantoran karena fasilitas nya yang memang mendukung untuk outing grup.

Lokasinya cukup nyaman karena nggak sampai Puncak, jadi nggak perlu macet-macetan di jalan raya Puncak (sekarang Puncak macet bener eymss..). Letaknya sebenarnya masih di area Tapos situ, daerah Ciawi-Bogor. Karena saya manusai biasa dan bukan google map jadi kalau penasaran mending langsung buka website nya aja ya biar ada gambaran lokasi nya hehe.

Area-nya luas buangett ngett... hampir seperti sebuah desa kecil saking luasnya (Beneran, nggak bohong!). Saking luasnya mereka menyediakan mobil wara-wiri alias mobil penumpang yang bisa dipakai gratis untuk explore seluruh kawasan Camp Hulu Cai ini.

Selain itu di area yang luas ini juga terdapat fasilitas umum yang gratis dipakai tamu menginap seperti misalnya kolam renang, area outbound anak-anak yang luas dengan permainan yang menarik, adventure outbound dengan flying fox, Rappeling, bahkan sampai mini rafting di dalam area Camp Hulu Cai. Iya, semuanya bisa dilakukan di dalam area Camp Hulu Cai, nggak perlu sampai keluar area Camp.

Area outbound anak-anak dengan permainan yang seru
Ruang karaoke pribadi hehehe
Area Cafe di dekat Lobby, di tengah rimbunnya "hutan"
Area Lobby depan
Mobil wara-wiri yang disediakan pihak Camp
Motor, sepeda, dan kayak (?) yang bisa disewa
Lapangan bola


Enaknya kalau menginap disini itu sistemnya paket. Jadi kita menyewa satu villa atau satu cabin isi sekian orang. Jadi hitungannya bukan per kepala, kecuali ada tambahan orang diluar paket menginap. 

Harga paket sudah termasuk biaya sewa villa/cabin/kamar, free meals 3 hari sekali (plus tambahan snack kalau nggak salah), free outbound, free fasilitas umum (kolam renang, lapangan basket, taman bunga, dll), dan juga dapat free karaoke. Termasuk juga free penggunaan Amphitheater terbuka kalau kita mau pakai (biasanya kantor suka ada acara di panggung, nah panggung amphitheater ini bisa kita pakai).

Trus free apalagi ya? Pokoknya semua all-in deh. Jadi kita nggak usah pusing lagi ngurusin makan dan lainnya. Tinggal terima jadi aja. Semua kebutuhan kita bisa didiskusikan terlebih dahulu sama pihak Camp Hulu Cai. Setiap grup yang menginap akan di-assign seorang staff yang akan meng-akomodir kebutuhan kita selama di camp. Nah, sama staff ini kita bisa nego macem-macem deh, misalnya minta bonus free apa kek gitu hehe
Yang bikin saya jatuh cinta itu lingkungan areal Camp Hulu Cai yang masih asri banget, bahkan beberapa bagian nampak masih seperti hutan karena rimbun banget dan dijaga keaslian dan keasriannya. Saya memang lebih suka hutan/gunung daripada pantai, jadi saya jatuh cinta banget sama tempat ini.

 


Awalnya kita mau sewa villa yang paling besar (Villa Jati) yang terdiri dari 2 tingkat dengan dua buah kamar tipe cabin dengan multiple bunkbed di bagian atas + beberapa kamar biasa di bagian bawah. Oya, jangan bayangin ini seperti villa di Puncak gitu ya karena villa disini nggak ada ruang tengah / ruang tamu / dapur nya seperti layaknya rumah biasa. Tiap bangunan hanya ada kamar-kamar dan area terbuka dengan beberapa meja makan yang diperuntukkan sebagai area makan bersama. 

Kebetulan kami sekeluarga besar ada sekitar 20-30 orang yang ikut. Karena kami gagal menyewa villa terbesar di Camp Hulu Cai yang namanya Villa Jati (dikarenakan kesalahan double-booked oleh pihak Camp Hulu Cai sendiri) maka kami diberikan pengganti menginap di cluster yang terdiri dari beberapa kamar dan dua buah cabin isi 10 bunk bed tingkat (dengan beberapa bonus ganti rugi tentunya). Di depan cluster kami juga ada area makan dengan tenda besar yang kuat menangkis hujan deras yang turun kala itu.

Jarak antara satu villa / cabin dengan lainnya rata-rata berjauhan, jadi kalau kita datangnya satu grup tidak akan mengganggu grup lain dan begitu juga sebaliknya. Bentuk penginapan disini agak unik. Karena kebanyakan untuk meng-akomodir grup jadi di Camp Hulu Cai ini lebih banyak bangunan penginapan berbentuk cabin. Isinya ada yang model kamar, ada juga yang model bunkbed - satu cabin berisi 10 bunkbed (tempat tidur tingkat). Jadi seperti di asrama tapi asrama keren hehehe. Cocok banget untuk group atau untuk keluarga besar seperti saya.

Villa
Cluster
Cabin model bunkbed, seru!
Kamar biasa (foto diambil dari website Camp Hulu Cai)
Area makan di depan cluster/villa

Overall, kami sangat menikmati menginap disini, karena suasananya agak berbeda dengan villa/ penginapan yang biasa kami inapi sebelumnya. Pagi harinya kami sekeluarga jalan pagi menyusuri taman bunga dan areal Camp Hulu Cai. Malamnya kami bikin api unggun di depan cabin sambil bakar jagung dan singkong (tempat api unggun pun disediakan oleh Camp). Tadinya kami juga sudah ada plan untuk permainan team building yang akan dipandu oleh pihak Camp namun sayangnya selama kami disana hujan turun terus, jadi waktu untuk team building keluarga terpaksa ditiadakan. Gantinya, kami karaoke sepuasnya di ruangan depan cabin yang disulap jadi ruang karaoke pribadi oleh pihak Camp hehehe.


I really recommend this place terutama untuk outbound / outing kantor maupun grup keluarga yang ingin lebih mendekatkan lagi hubungan kekeluargaannya. Pihak Camp Hulu Cai dapat menampung semua ide dan keinginan yang kita mau, semisal: para bapak-bapak di keluarga saya biasanya suka pergi memancing. Pihak Hulu Cai membantu dengan menyediakan kolam pancing berikut ikannya untuk dipancing para bapak-bapak hehehe Thank you for the great service Team Hulu Cai !



Untuk info yang tidak ada disini atau info yang lebih mendetil, please visit their website instead:

www.camphulucai.com
Jalan Veteran III, Desa Tapos, Ciawi, Bogor, Jawa Barat 16164, Indonesia




Dapet salam dari keluarga besar saya:
Dan dari kangmas tuxedo :


Selamat Berlibur!

1 comment:

  1. mas, harga cabin yang 20-30 orang itu berapa ya kisaranya wkt itu? hehe terima kasih

    ReplyDelete

I always love comments, that means we're "interacting" ^o^
Thank you for the comment and I'll return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS