October 17, 2014

Hotel Review: Novus Giri Resort & Spa, Puncak

Warning: Picture loaded post! 
-------------------------------------------

 

Saatnya liburan!
Hahahaa... sebenernya ini postingan harusnya dibikin bulan July lalu sewaktu baru balik dari Puncak, sebagai bagian dari rangkaian Puncak 2 days trip yang saya mulai disini. Tapi ada daya, waktu lowong nggak mencukupi dan saya pengangguran banyak kerjaan. Pulang dari Puncak langsung sibuk sama kerjaan freelance, urusan rumah tangga, dan tiap weekend ga pernah bisa santai di rumah karena biasanya kita jalan keluar (baik itu nemenin mertua jalan, pulang ke rumah ortu, ketemuan teman & famili, atau hari bersih-bersih rumah). Jadinya susah punya waktu untuk duduk manis dan nulis review hotel ini. Sebagian besar waktu udah tersita buat blog utama saya TWO THOUSAND THINGS yang lebih memerlukan perhatian huhuhu...

Tapiiiii.... better late than never kan? Jadi inilah review telat saya untuk Novus Giri Resort & Spa, tempat saya dan suami menginap selama di Puncak. Saya pilih Novus Giri dari pilihan hotel lain di Puncak karena saya penasaran lihat fotonya kok bagus-bagus semua trus kayanya cucok deh buat honeymoon ketiga hahaha ;p

Semua pemesanan saya lakukan online. Pelayanan dan service-nya cepat dan profesional walaupun saya hanya berhubungan lewat email. Pada hari H kita berangkat pagi-pagi banget pas hari kerja (kebetulan hubby K udah ambil cuti), jadi jalanan ke Puncak nggak macet sama sekali. Jam 9 kurang kita udah sampai di Puncak dan mampir sarapan ke Cimory Riverside (baca reviewnya disini).

Sewaktu di Cimory kita ditelpon pihak hotel yang ngasitau kalau udah bisa check in pagi ini kalau kita mau karena kamarnya udah siap. Wah kebetulan! Soalnya tadinya kita mau jalan-jalan dulu sambil nunggu waktu check in yang biasanya siang. Eh taunya sampe ditelpon ditawarin early check in. Langsung jatuh cinta sama pelayanan customer service nya.

Jadi itinerary pun berubah. Yang tadinya mau jalan ke kebun teh dulu sambil nunggu waktu check in, jadi berubah bisa langsung masuk kamar pagi itu sehabis sarapan di Cimory. Jadi dari Cimory kita langsung ke hotel yang lokasinya jauh diatas melewati Puncak Pass ke arah Cipanas. Nanti di sisi kiri jalan keliatan deh plang nya gede : Novus Giri Resort & Spa.


Pas masuk ke area hotel langsung terpana dan lega karena kayanya nggak salah pilihan deh nih. Dari jalan masuk-nya aja udah keliatan kalau ini hotel bermutu. Kalau harga sebanding dengan kualitas apalagi melebihi ekspektasi itu kan bikin puas, ya nggak?

Area parkirnya rapih dan memadai. Seandainya untuk rombongan pun masih muat lah. Di depan tempat kami parkir ada bangunan yang ternyata adalah restoran yang biasanya untuk sarapan. Tapi kami langsung menuju bangunan satu lagi yaitu area lobby.

Lobby-nya luas dan nyaman. Bersih dan semua staff nya cepat tanggap dan ramah-ramah. Nggak ada tuh yang ngobrol cekikikan atau pura-pura nggak liat kalau ada tamu datang. Padahal saya perhatiin disitu kayanya nggak ada manajer yang stand by, tapi semua staf nya terlihat profesional. Dari resepsionis pula saya juga dapat info tentang area sekitar hotel, nanya arah suatu tempat, dan bahkan pas pulangnya dikasih oleh-oleh hehe


Setelah early check in yang berlangsung cepat dan nggak bertele-tele, kamipun diberikan kunci kamar dan berhubung bawaan kami hanya satu tas besar jadi nggak perlu bantuan bell boy ataupun trolley. Mungkin itu juga yang bikin kami nggak diantar ke kamar melainkan hanya ditunjukan arah jalan menuju kamar sambil dikasih kuncinya. Tapi mungkin juga karena kamar kami nggak terlalu jauh dari area lobby jadinya cukup diberitahukan arahnya saja.

Anyway, perjalanan singkat dari lobby menuju kamar udah langsung bikin kami berdecak kagum karena melewati area taman kecil dengan kolam air mancur di tengahnya yang cantik. Hotelnya juga super bersih dan rapi. Kami melewati area tempat duduk yang nyaman di selasar, dan juga melewati sebuah toko souvenir kecil yang saat itu sedang tutup.


Kami memesan kamar Superior Room yang saat itu rate nya paling murah hehe. Menurut website nya kamar ini menghadap garden dan ada private wooden deck balcony or terrace. Tempat tidurnya twin bed tapi sebelumnya saya sudah minta untuk digabung jadi satu. Ya kan mana enak suami isrti tidur sendiri-sendiri kan hehehe

Sebelumnya udah lihat gambar kamarnya di website sih, tapi pas kami pertama kali masuk ke kamarnya sempet kaget juga. Kaget karena ternyata kamarnya luas dan besar! Interior kamarnya cozy minimalist, nyaman dengan furniture kayu bernuansa hangat dan pintu besar ke teras yang bisa dibuka lebar, wow!


Kalau nggak salah, kamar Superior Room ini ada yang letaknya di lantai dasar seperti kamar kami dan ada juga yang di lantai dua dengan balkon. Letak kamar lantai dua itu tepat diatas kamar kami. Kalau saran saya sih, lebih enak dapet kamar yang di bawah karena teras-nya bisa langsung keluar ke garden. Dan dari garden situ bisa langsung jalan ke arah kolam renang ;) 

Selain luas kamarnya yang bikin wow (padahal itu kamar termurah di Novus Giri), kami juga jatuh cinta sama terasnya! Pintu besar yang bisa terbuka lebar itu bikin suasana bener-bener kaya di resort hehe Trus teras nya juga luas, dan cozy banget dari kayu-kayu gitu. Kalau pagi atau sore kita bisa duduk-duduk santai di teras sambil minum kopi / teh atau ngemil apel (yang dua-duanya dapet complimentary dari kamar). Garden nya walaupun kecil tapi rimbun dan teduh, saya suka banget lihat yang hijau rimbun gitu. Trus nggak jauh dari teras saya ada jalan setapak menuju ke kolam air mancur yang tadi kami lihat dari arah lobby. Berasa kaya dimana gitu lah, bener-bener bikin refreshing.

 

Kamar mandinya sih nggak begitu besar ya tapi bersih dan lumayan lengkap ada bath tub dan shower (dengan air panas tentunya), beberapa handuk bersih, dan shower amenities yang cantik. Ini nggak boleh dibawa pulang ya sabun/shampoo nya, tapi kalau mau beli bisa kok di lobby reception.

Wastafel nya terpisah dan juga tersedia amenities lengkap di sebelah sink seperti shower cap, pasta gigi, sabun kecil, 2 handuk tangan, dan 2 gelas untuk kumur. Selain itu di dalam kamar juga ada safety box, TV, meja tulis, sofa dan pemanas air. Plus complimentary teh, kopi, gula dan tiga buah apel merah manis segar ;)


Oya, kita juga dapat welcome drink yang bisa diminta di kamar ataupun di restoran sebelah kolam renang. Karena mau sekalian lihat-lihat area hotel jadi setelah taro tas di kamar kita keluar lewat teras ke arah garden dimana ada jalan setapak menuju area kolam renang. 

Kolam renang nya sendiri nggak begitu besar tapi cukup lah buat berenang santai ataupun berenang serius yang pake hitungan berapa kali lapse bolak-balik. Tapi airnya dingiin hehehe Ada juga jacuzzi kecil di sebelah kolam renang. Kalau waktu itu nggak abis ujan sih saya mau deh nyemplung ke jacuzzi nya. 

Anyway, kita ngambil welcome drink di resto kecil di sebelah kolam renang. Resto ini diapit oleh kolam renang dan lapangan tenis di kedua sisinya. Ada area duduk-duduk yang nggak kalah cozy di resto ini. Lebih tepatnya sih kaya semacam lounge gitu ya jadi bukan restoran makan berat gitu. Melainkan buat duduk-duduk santai sambil minum cocktail dan cemal-cemil sembari ngeliatin view kolam renang yang diselimuti kabut sehabis turun hujan. Mantap nggak deskripsi-nya hehehe



Di Novus Giri sebenarnya lumayan banyak aktifitas yang bisa dilakukan kalau males keluar hotel. Selain kolam renang, jacuzzi, dan lapangan tenis, di area hotel ini juga ada meja ping-pong, Spa, dan Kids Club untuk anak balita. Untuk anak yang sudah lebih besar bisa ikut horseback riding alias naik kuda keliling resort, dan juga ada kelas painting di bawah pohon rindang. Dan kalau nggak salah ada mini flying fox juga.

Yang paling bikin saya excited sih Rabbit Garden nya! Iya, ada rabbit garden, dan lucu-lucu bingiiitttss itu semua kelincinya. Kebanyakan kelinci-nya berbulu tebal alias kelinci import jadi nggemesin banget. Trus jinak semua jadi bisa dielus dan digendong-gendong walaupun berat ya bok kelinci-nya genduttt hehe

Bisa masuk ke dalam kandang kelinci-nya tapi just make sure bilang dulu ke penjaganya ya. Saya sih happy banget dikelilingi kelinci lucu sambil ngasih makan mereka langsung. Walaupun rabbit garden nya kecil tapi berhasil jadi highlight cerita saya menginap di Novus Giri.

 (jalan menuju Rabbit Garden di bawah):

(nggak tahan lihat kelinci nya lucu-lucu bangettttt, gemessss):

Hari kedua seusai sarapan pop mie di teras kamar, saya dan K jalan-jalan mengitari hotel. Selain ke rabbit garden kita juga muter-muter lihat-lihat area hotel yang ternyata lumayan gede ini. Berhubung seluruh areanya rimbun dan shaded with big trees here and there jadi kita nyaman jalan-jalan ngiterin hotel. 

Di bagian belakang ternyata masih banyak kamar-kamar dan juga unit berbentuk rumah yang bisa disewa kalau perginya bareng keluarga besar. Untuk acara kantor juga cocok karena banyak unit kamar yang berdekatan atau berada dalam satu bangunan. Tipe kamarnya juga macem-macem, bahkan ada yang model duplex lengkap dengan 2 lantai kamar dan private plunge pool.

Waktu itu kebetulan saya ambil tipe Superior Room dengan rate Rp. 1.079,925 (sudah harga diskon dan rate yang paling murah saat itu). Tapi barusan per hari ini saya lihat di website nya untuk Superior Room lagi diskon jadi cuma Rp 765.000,- tuh ! Lebih murah lagi... Memang harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Kalau mau cobain Novus Giri mending booking sekarang tuh mumpung harganya lagi turun 50% ^_^

Oya, harga yang saya bayarkan itu belum termasuk sarapan buffet karena waktu itu saya mikirnya mau sarapan di Puncak Pass resto. Eh taunya pagi-pagi hujan rintik, jadi males juga keluar hotel. Akhirnya hubby K jalan keluar resort untuk cari popmie dan masak di kamar pake pemanas air yang disediakan hehe Lumayan jadi menghemat budget.


Overall, kita berdua puas banget nginep disini dan pengen nginep lagi kapan-kapan kalau ada rejeki ;) Walaupun harganya mungkin termasuk agak mahal dibanding hotel lainnya tapi yang pasti saya puas banget karena dengan harga yang saya bayarkan saya dapet hotel yang bagus, bersih, luas, dan dapet kamar yang juga enak, cozy, spacious dan lengkap amenitiesnya (eh tapi saya lupa ada hairdryer apa nggak). Ditambah pelayanannya yang patut diacungi jempol. Semua staff yang kami temui ramah dan helpful banget.

Tips saya : jangan ke Puncak kalau lagi musim hujan karena nanti seperti kami yang bolak-balik rubah itinerary karena hujan turun, jadi yang tadinya rencana kesini kesitu kadang gagal karena hujan. Trus kalau mau pesan Superior Room seperti saya jangan lupa minta kamar yang di bawah, karena dari teras bisa langsung keluar ke garden, jadi kaya punya halaman sendiri ;) 

Harga di website belum termasuk sarapan, tapi coba tanya-tanya dulu aja sama pihak hotelnya, kali aja informasinya sudah berubah ;) Satu hal lagi, disini nggak ada AC karena kalau malam udaranya dinginnnnnn. Oya, twin bed bisa minta digabung jadi satu, dan kalau lagi kosong bisa minta early check in. 

Kadang suka ada promo menarik dari website Novus Giri. Contohnya waktu saya menginap dulu ada promo kalau nge-tweet tentang Novus Giri maka akan eligible untuk diskon Spa yang lumayan. Oya, tempat spa nya juga terlihat enak dan nyaman banget deh.. Pengen juga kapan-kapan kalau kesini lagi mau cobain spa-nya. Untuk hari ini saya lihat di website nya ada Secret Offer, jadi tinggal isi tanggal rencana kedatangan lalu nanti akan di email oleh pihak hotel apabila pada tanggal tersebut sedang ada secret offer yang berlaku.


Oleh-oleh yang dikasih waktu kita check out, kue jadul favorit sayah!

Thank you so much Novus Giri for your hospitality and great service!
We would surely love to come stay with you again in the future :)



More Info:
NOVUS GIRI RESORT & SPA
Jl. Sindanglaya Raya No.180
Puncak - West Java - Indonesia
t: +62-263-511 511
Website: http://novushotels.com


Cheers,

October 16, 2014

Restaurant Review : Pasar Ah Poong, Sentul City

 

Sewaktu hari Idul Adha yang lalu, sehabis sholat Ied dan sarapan di rumah, mertua saya ngajak jalan keluar. Minta ke tempat yang unik, hubby K langsung inget Ah Poong karena kebetulan kita berdua dari dulu penasaran dan belum pernah ke Ah Poong. Akhirnya meluncurlah kita kesana, lewat jalan tol ke arah Sentul. Ikuti arah ke Sentul City, nanti ada puteran trus belok kanan deh (ngikuting plang iklan J.CO Pasar Ah Poong). Nggak jauh kok dari keluar tol.

Berhubung area parkir penuh jadi banyak yang parkir diluar (termasuk kita), soalnya kapasitas parkir di dalam memang nggak begitu banyak. Tapi parkir diluar juga aman kok, jalan ke pintu masuknya juga nggak begitu jauh. Sampai di dalam saya baru tau kalau ternyata Ah Poong itu konsep-nya taman terbuka + restoran food court pinggir sungai. Jadi pas masuk kita musti lewatin taman cantik dulu untuk sampai ke area restorannya. 


Panoramic view:

Taman-nya hijau, lumayan luas sih, dan rimbun banyak pohon. Tertata rapi dan bersih. Untungnya pas kita kesana lagi sepi, mungkin karena hari raya Idul Adha. Mudah-mudahan kalau rame pun bisa tetep bersih yaa.. [ Jangan lupa untuk selalu buang sampah pada tempatnya ;) ].

Di taman hijau yang teduh juga ada mainan anak, patung robot ala transformers yang tinggi banget, trus juga ada beberapa kayu gelondong yang dijadikan bangku taman. Enak juga duduk-duduk disitu sore hari sambil ngelamun hehehe

Area restorannya sendiri ada di bagian tengah, jadi kalau mau kesitu musti nyebrang jembatan dulu. Unik ya.. Mungkin itu kenapa namanya pasar Ah Poong (apung). Area food courtnya dikelilingi oleh sungai Cikeas. Dan kalau nggak salah, di sisi lainnya ada danau buatan. Jadi kalau tempat duduk yang menghadap sungai sudah penuh, kita bisa coba di area food court yang menghadap ke danau.

Biasanya ada penjual jajanan yang pakai perahu, jadi kita bisa beli dari perahu langsung. Tapi mungkin karena hari itu pas Idul Adha jadi gak ada yang jualan di perahu sama sekali. Ya lagi pada libur kali yaa.. Tapi enakan gitu sih, jadi lebih sepi dan lebih bisa nikmatin suasana sungai nya. 


Di foodcourt ada puluhan vendor makanan / minuman yang bisa dipilih. Dari mulai masakan Indonesia, masakan Jepang, atau Western pun ada. Juga tersedia aneka jajanan atau makanan ringan.  Sistem-nya bayar pakai kartu alias sistem deposit. Jadi sebelum kita order di stall makanan yang kita mau, kita harus beli kartu-nya dulu ( cari aja kasir di bagian tengah food court ). Kartunya bisa diisi dengan nominal terendah Rp 50.000,- kalau nggak salah. Nanti kalau yang kita beli ternyata gak sampai 50.000 kita bisa ambil kembaliannya lagi di kasir. Kalau sudah pegang kartu, baru kita order di stall makanan/minuman yang kita pilih dengan cara memberikan kartu tersebut ke petugas di stall. Makanannya kita bawa sendiri ke meja. 

Waktu itu kita sengaja pilih meja yang di bawah pohon di pinggir sungai. Enak banget deh, teduh banget pohonnya rindang. Meja kursi nya juga cantik banget ada ukiran dan lukisan-nya. Kemarin itu saya pesan bihun baso dan Ice Lychee Tea (minuman favorit saya selain es markisa dan teh botol dingin ;p). Porsinya gede banget saya sampe nggak habis, minumannya seger dan cantik, pengen bawa pulang gelasnyaaaah... ^o^

 

Harga makanan dan minuman di food court nya standard lah.. Nggak gitu mahal tapi juga nggak murah-murah amat. Contohnya bihun baso saya itu sekitar 30 ribuan tapi porsinya gede (itu fotonya menipu, aslinya mangkoknya guedee hehe), jadi sesuai harga lah. Dekorasi tempatnya cozy dan teduh walaupun hari itu matahari lagi galak-galaknya. Kalau nggak salah sih nggak ada ruangan AC ya. Dan waktu saya kesana sedang ada renovasi kecil untuk penambahan fasilitas ATM (karena sekarang belum ada).

Jembatan-nya ada dua. Jadi kita pertama nyebrang ke foodcourt pakai jembatan yang satu, trus pas mau pulang kita nyebrang pakai jembatan yang satunya lagi, yang mana itu adalah: jembatan goyang hehe.. Ngeri juga loh goyang-goyang gitu, mana kayu di bawahnya itu sekatnya lebar-lebar jadi keliatan banget sungai di bawah, lumayan bikin tegang, apalagi hubby K iseng banget lompat-lompat di jembatan biar tambah goyang (>_<)


Oya, selain area foodcourt diatas juga ada restoran besar di sisi taman. Adik ipar saya, Dimas, nyeletuk: "Kayanya kalau malam hari oke deh nongkrong disini". Soalnya resto-nya dihias lampion-lampion cantik trus view-nya menghadap sungai. Jiee Dimas romantis niyee... hihihi ;p


Overall, seluruh anggota keluarga kayanya cukup senang ke Ah Poong. Saya juga seneng karena tempatnya nyaman, asri, teduh, dan bersih. Enaknya memang kesini kalau pas lagi sepi. Kalau bisa hindari pas weekend karena katanya suka rame banget. Atau kalau mau wiken mungkin enaknya sore menjelang malam kali ya. Atau pagi-pagi sekalian buat sarapan hehe Eh udah buka belum ya kalau pagi-pagi gitu?






Selamat jalan-jalan!

October 15, 2014

Welcoming IKEA Indonesia

Hari ini Rabu 15 October katanya lagi soft launching IKEA Indonesia di Alam Sutra. Bikin penasaran abiss...
  • Udah dari seminggu lalu kerjaannya begadang melototin website IKEA dari laptop (#SambilNgayal).
  • Trus besokannya dari pagi sampe sore browsing catalog Ikea yang baru donlot di ipad (#SambilNgayal). 
  • Pas wiken ke rumah ortu di Ciputat langsung sibuk bolak-balik catalog Ikea yang dikirim ke rumah ortu (#SambilNgayal). 
Padahal itu semua gambarnya sama aja tapi kok kaya ga puas-puas yah ngayalnya ;p

Namanya juga #NgayalBabu kan, sampe pengennya ini rumah di photoshop aja biar bisa redekorasi dari ulang pake semua barang-barang Ikea hahaha Soalnya dari kecil ogut udah kesengsem sama IKEA. Kebetulan ayah saya arsitek dan di lemari kerjanya dulu banyak banget setumpuk catalog Ikea, dan dari saya masih piyik ya kerjaannya ngeliatin itu catalog Ikea yang setumpuk sambil ngayal di tempat tidur. Jadi pas udah gede gini masih kebawa-bawa tuh hayalan Ikea dari jaman kecil.


Pas kemarin ke Singapore akhirnya pertama kali menjejakkan kaki ke Ikea tuh semi terharu loh sebenernya hihihi Saking ngefans nya sama Ikea dari saya masih piyik sampai akhirnya bisa masuk ke toko Ikea pertama kali tuh gimanaaa gitu.. (*drama*). Maklum, sebelumnya kalau ke Singapore saya selalu terkena jebakan turis jadi nggak pernah pergi ke Ikea. Perginya ke area turis melulu. Jadi baru kemarin inilah akhirnya saya bisa liat dan bilang dalam hati: "Oh toko Ikea tuh kaya gini toh..." 
 
Dan sebentar lagi bakalan ada Ikea di Indonesia, saya nggak sabar pengen ajak ayah saya kesitu. Untungnya saya tinggal di selatan Jakarta jadi kalau mau ke Ikea Alam Sutra gampang tinggal naik tol :)

Anyway, sebelum beneran kesana mending lihat-lihat katalog nya dulu deh buat cek harga dan barang yang mau dilihat/dibeli, karena toko IKEA itu pasti super besar, bisa nyasar di dalem kalo nggak tau arah hehe (*lebay). Tapi beneran kok, daripada capek muter-muter mending dari awal udah tau mau lihat bagian apa (misal: living room, kids decor, etc) jadi pas kesana nanti langsung ke spot yang telah ditentukan biar menghemat waktu dan tenaga.

Katalog nya bisa di donlot di gadget lewat aplikasi Ikea, ataupun donlot lewat website nya. Kalau males donlot catalog ya tinggal browsing-browsing aja di website nya :) Untuk harga, berhubung kemarenan ini saya kebetulan baru ke Ikea Singapore jadi saya bisa bilang kalau harga beda-beda tipis lah sama Ikea Sing. Kalau untuk barang printilan yang kecil-kecil sih nggak begitu beda jauh ya. Tapi kalau barang besar semacam lemari dll gitu ya lumayan lah bedanya. Lebih sakit hati lagi kalau bandingin sama Ikea Malaysia, suwer deh lebih murce di Ikea Malaysia daripada di sini atau bahkan di Sing kayanya hehehe

Anyway, berhubung saya nggak dapet undangan soft launching nya, jadi mari kita menghayal dulu ajaaa yiuukk... (^o^) 

(Naksir banget sama daybed yang ini huhuhu..)
 
( All photos are sourced from the Ikea website )


Selamat berhayal..!