Tour 3 Negara - Part 3 : Malaysia (KL City, Batu Cave)

Wednesday, June 18, 2008

DAY 5:
Destination: Malaysia !
Jam 7 weker bunyi, Snooze, jam 7.15 bunyi lagi, Snooze lagi, sampe akhirnya kebangun juga gw jam 8 pagi. Langsung buru2 mandi, pake baju, dandan, siap2, rapiin koper, trus sarapan McD dingin (yg dibeli kmrn mlm di night market). Turun ke bawah jam 9, nunggu bis dateng trus meluncurlah kita ke arah perbatasan Thailand-Malaysia, huks...bye2 Thailand... kapan-kapan gw mau ksini lagi, mengunjungi kota2mu yg lain (Amien).

First Stop: Kuala Lumpur.
Perjalanan Thailand ke Malaysia kira-kira 6 jam, tapi kita berhenti makan dulu di highway (beli nasi ayam, enak!), so kita akhirnya masuk kawasan Malaysia sekitar jam 16.00 sore. Untuk sampai ke kota Kuala Lumpur sendiri butuh waktu kira-kira 2 jam lagi, jadi kita baru sampai di KL sekitar jam 18.00 (yang mana disana jam 6 sore tuh masih agak terang kaya jam 5 sore di Jakarta). Karena waktu itu pas hari kerja jadi lalu lintas jam 6 sore di KL hampir sama kaya jam pulang kantor di Jakarta: Macet hehe

Tapi macetnya cuma sedikit sih, emang tetep ga ada deh yg ngalahin macetnya Jakarta, kasian ya kita ^o^
Sampai di KL kita langsung dianter ke hotel. Nama hotel kita Hotel Malaya, letaknya tepat di jantung Petaling Street yang merupakan area belanja murah meriah, dari mulai souvenir, baju-baju, aksesoris, sampai barang2 branded aspal pun ada ;p
Jadi hotel kita tuh adanya di tengah2 Petaling Street, so kalo kita buka pintu depan hotel tuh depannya udah Petaling Street, gilaa gilaa mata gw langsung cling cling cuwiwiww lihat tempat belanja depan mata, hati gw rasanya langsung dag dig dug ga karuan, otak gw udh ngayal yg enggak2 (maksudnya ngayal nanti bakal dpt apa aja neh di Petaling ;p).

 
Petaling Street


Second Stop: Petaling Street.
Untung kita termasuk yg pertama dapat kamar, jadi begitu dikasi kunci kamar langsung deh kita melesat ke atas, bersih2 bentar, siapin ringgit trus langsung melesat lagi deh ke Petaling, yihaaa... ^o^
Hwuaaa...tepat dugaanku, ternyata gw paling enjoy dan paling heboh ya blanja di Petaling ini. Smuanya lucu2, murah2 dan yg pasti "bisa ditawar dengan memakai bahasa sendiri" hehehe Makanya puas deh nawar barang dsini, udah gitu penjualnya juga gampang banget mau nurunin harganya, apalagi kalau pas nemu penjual yg kebetulan ada "hubungan Indonesia"-nya, kaya contohnya nih gw nemu penjual keturunan Arab yg ternyata dia bilang "bini saya dari surabaya lho" hihihi Iya dia bilangnya "bini" bukan "istri" hehe Dan trus gw dikasi diskon deh ^__^

Hasil blanjaan gw disini meliputi: banyak kalung dan gelang, banyak tanktop dan dress bunga2, banyak jam tangan lucu2 yg harganya cuma 10RM (1 RM = IDR 3000), dan souvenirs (kaos & pajangan menara petronas). Ada 1 kalung kaya dari batu jade gitu warna turqoise, duh gw idam2in banget tuh kalung tapi sayangnya harganya mahal banget dibanding yang lainnya so gw akhirnya ragu2 dan ga jadi beli deh, huks..sampe di hotel gw meratapi tuh kalung dan kepikiran mulu. Akhirnya hubby K dengan hati-sebaik-superman-nya mau bela2in balik lagi ke Petaling dan ke toko yg jual kalung itu untuk beli tuh kalung, eh tau2...ternyata...tokonya udah tutup...huaaaaaaa.... sedih banget deh! Emang gw tuh orangnya suka ragu2, akhirnya sering rugi sendiri, kesel deh! Hu_uh !

Untungnya malam itu gw bisa tidur, karena besok pagi musti siap2 beresin koper lagi. Besok jadwal kita city tour Kuala Lumpur dan lanjut ke Genting! ^____^ Senangnyaaa....
Pergi ke Genting adalah cita2ku juga, penasaran karena kata orang2 dan yang gw pernah baca katanya "Genting bagus tapi mahal", jadi entah kenapa Happy Tour ini bisa ngasi bonus menginap 1 malam di Genting di dalam paketnya yg udah murah ini ^__^


DAY 6:
Haduuh...knapa siy liburan ini kok udh mau berakhir? Prasaan baru sebentar deh, kok tiba-tiba udah hari ke-6 aja sih? Which means besok udah hari ke-7 yg mana artinya adalah hari terakhir Tour yg mana artinya adalah hari kami pulang kembali ke Jakarta, kembali ke kehidupan nyata huaaaa...pengennya terus liburan kaya gini ajaa...huhuhu...

First Stop today: The King's Palace.
Sarapan di hotel sambil bawa koper, kelar sarapan langsung naik bis. Tujuan City Tour pertama adalah Istana Raja atau King's palace. Cuma bisa ngeliat bangunannya dari luar siy (ya secara ini Istana Raja gitu loh) trus foto-foto sama Guards-nya yg kaya guards di Istana Buckingham, yang cuma berdiri statis sama kudanya. Yang gw heran gimana caranya kudanya bisa diem aja juga ya? Gimana cara bikin tuh kuda betah diem lama2 tanpa satu kali pun menggerakkan kakinya? Hebat!


Second Stop: Dataran Merdeka.
Dari Istana Raja kita lanjut ke Dataran Merdeka, on the way ke Dataran Merdeka kita sempet ngelewatin Taman Burung Tertutup yang terbesar se-Asia Tenggara (eh apa sedunia ya?lupa gw ;p). Jadi itu adalah taman besar yg diisi burung2 bermacam ragam yang dikasi penutup semacam kubah berbentuk jaring di atas seluruh taman tersebut, jadi burung-burung bisa terbang sepuasnya kaya di habitatnya mereka sendiri. Sebenernya di TMII juga ada yang sejenis ini tapi skalanya jauh lebih kecil. Yang di KL ini emang luas banget sih taman burungnya dan terletak di tengah2 kota gitu.

 
Satu2nya mesjid di Malaysia yg atapnya ga berbentuk kubah

Trus kita juga sempet mampir bentar ke satu2nya masjid di Malaysia yg atapnya ga berbentuk kubah. Mesjid yg satu ini atapnya bentuknya mirip payung (kalo orang sana bilang). Sayangnya (lagi2) gw lupa nama mesjidnya. Yang bikin gw lebih tertarik malah bangunan gedung di depan mesjid ini, gw juga ga tau ini gedung apa, bisa jadi gedung kantor atau gedung pemerintahan atau gedung fasilitas umum, i dont know...yang pasti bentuknya bagus banget, mengingatkan gw akan arsitektur bergaya moor yg suka gw liat di buku-buku design bokap gw ^o^ Langsung aja gw foto-foto di depannya, serasa lagi di Maroko gitu deh hehehe nih fotonya:


Dari situ kita sampe deh ke Dataran Merdeka, disini tempat orang Malaysia memerdekakan negaranya. Jadi kaya semacam lapangan hijau yg luas gitu, trus disitu juga ada tiang bendera tertinggi di dunia yg nancap di pelatarannya ^o^ Di sebrangnya lagi-lagi banyak gedung2 ber-arsitektur moor alias gaya ke-timurtengah-an gitu deh..suka banget gw...

 
Dataran Merdeka

 
Tiang bendera tertinggi di dunia

 
Paduan arsitektur Modern & Ethnic
(Lokasi: depan Dataran Merdeka)


Third Stop: KL Tower.
Dari Dataran Merdeka kita lanjut ke KL Tower. Bangunan ini tadinya adalah bangunan tertinggi di Kuala Lumpur, tentu saja sebelum ada Menara Kembar Petronas. Dibangunnya di atas bukit di tengah kota. Struktur kota Kuala Lumpur emang rada berbukit2 sih, letaknya juga dikelilingi oleh banyak gunung kapur. Dan ternyata bangunan KL Tower ini dulunya proses pembangunannya melibatkan orang-orang dari multi-ras, contohnya: arsiteknya itu orang non-asia, interiornya dipasangin kristal2 yang didatangkan khusus dan dikerjakan khusus oleh orang dari Iran, dan kuli-kuli yg membangunnya didatangkan khusus dari : Indonesia! Haha negara kita ternyata peng-ekspor kuli haduduhh...mau malu apa gimana ya?

Anyway di KL Tower ini kita bisa naik ke atas ke lantai paling tingginya untuk ngeliat seluruh kota KL dari Observation Deck nya. Namun ngga kaya di Monas yg bagian atasnya cuma ada kerangkeng besi dan teropong yg kotor, kalo disini ruangan atasnya ber-AC dan tiap orang yg masuk dibekali headphone plus gadget berupa video multi bahasa dimana kita bisa denger penjelasan sambil ngeliat gambar di video tentang KL Tower dan kota Kuala Lumpur pada umumnya. Teropongnya juga besar-besar dan bisa dipakai semua (gratis). Dari sini kita bisa liat si kembar menara Petronas yang nampak menjulang gagah sendiri di antara bangunan2 lainnya.

 
inside KL Tower

 
Bird view of Kuala Lumpur from KL Tower


Fourth Stop: Butik Coklat.
Puas liat-liat kota KL trus kita mampir ke Butik Coklat / Cocoa Boutique buat jajan2 ^o^ 
WAAA...dsini mata gw langsung kedip-kedip-kedip-kedip, bukan kelilipan tapi termehek-mehek liat coklat segini banyak macam dan ragamnya, ampe ngiler gw huehehe...

Hmmm...nyamnyam...ada coklat duren, coklat wijen, coklat buah2an, dark choccolate, coklat tongkat ali, wah wah wah aneh-aneh banget deh coklatnya..rasanya gw pengen cobain semuah hohoho...

Tapi karena rada mahal-mahal (huks) jadi gw musti pilih-pilih juga nih coklatnya. So akhirnya setelah diskusi mendalam (ceileh..hiperbola) sama hubby K akhirnya kita cuma ngambil coklat duren, coklat pedas/cabe, dan dark choccolate yg katanya bagus untuk kesehatan jantung. Oya kita cuma beli 3 kotak ukuran besar karena harga 1 kotaknya mencapai seratus ribu lebih dalam rupiah ^o^ (meringis..)



Fifth Stop: Menara Kembar Petronas Photo Spot.
Disini (karena cuma photo spot) doang jd kita hanya brenti 10 menit untuk foto2. Yaah, you know laa..pergi ke KL tanpa punya foto yg backgroundnya Petronas twin tower kan serasa ga ke KL ^o^



Sixth Stop: KLCC - SURIA.
Abis foto-foto dengan latar blakang Twin Tower baru deh kita berkunjung ke dalemnya Twin Tower. Ini gedung emang bagus banget, ternyata ada ya arsitektur yang photogenic hehe soalnya ini gedung difoto dari sudut manapun, jauh-deket, lurus-miring tetep bagus. Two thumbs up! Kalo menurut gw agak2 gothic yah exteriornya ^o^ jd mengingatkan gw akan Gotham City hehe

Oya, menurut (lagi2) driver bus wisata gw, menara kembar ini sekarang cuma 1 buah menaranya yg masih milik Petronas, menara yg satunya lagi ternyata sudah dibeli sama Sultan Brunei untuk istrinya yg ke-4 (kalo ga salah), yg paling muda, yg umurnya baru 22 thn (set dah! kl gw ngambek atau pas ultah gw kira-kira hubby mau ga ya beliin gw menara yg satunya lagi?!)

Dsini kita ngga ke jembatan (yg di tengah2 antara kedua tower) nya itu karena ternyata kalau mau kesitu harus mesen antrian sehari sebelumnya, itupun pada hari H-nya masih harus antri dari jam 8 pagi untuk bisa ke atas pas sore-nya. Jadi kita cuma ke lantai satunya aja, yang ternyata adalah sebuah mall. Namanya Suria-KLCC. Gw cuma sempet ke VINCCI, blanja sepatu tercepat yang pernah gw lakukan. Hanya dalam 1/2 jam gw berhasil beli 1 sandal hitam & 1 sepatu kuning pucat buat gw plus 1 sandal bronze buat nyokap. Mana pas banget VINCCI lg SALE !! hehe ^______^ seandainya waktu gw lebih banyakk...(keluh)(tp seneng)

Abis itu cuma sempet beli Burger King dan langsung kumpul lagi sama anggota tour lainnya untuk lanjut ke bis menuju destinasi kita selanjutnya. Emang agak buru-buru karena ternyata sudah jam 4 sore dan kata Andy sebenernya kita udah kesorean jadi harus buru-buru karena perjalanan kita masih jauh, rupanya Genting itu masih berjarak kira-kira 1 jam lagi dari KL.


Seventh Stop: Batu Cave.

Destinasi selanjutnya adalah Gua Batu atau Batu Cave. Batu Cave ini merupakan salah satu tempat peribadatan umat hindu di Malaysia karena dsini ada patung Dewa Hindu yang terbesar se-Asia (atau se-dunia yah? lupa lg gue hehe..). Yang pasti patung ini emang tinggi banget, warnanya emas dan terletak di depan ratusan tangga yang curam menjulang ke atas ke arah mulut gua yang letaknya di tengah2 bukit batu besar. Massive banget deh pokonya. Menurut kepercayaan setempat, setiap kita menaiki satu anak tangga maka dosa kita akan terhapus satu. Jadi kalo yang punya dosa banyak mungkin harus bolak-balik naikin tangga ini berulangkali yah kalo mau dosa2nya terhapus hehehe..

 
Karena suasana misty dan berkabut habis hujan plus ngeliat tingginya tangga yg udah bikin nge-drop duluan jadi smua anggota tour ga ada yg memutuskan untuk naik ke Batu Cave, so kita semua cuma foto2 aja di pelatarannya. Oya, ada 1 cerita lg yg diceritain driver bis wisata kita; katanya pernah ada turis explorer asing yang pengen jelajah gua sampai ke dalamnya trus dia ngajak 2 orang penduduk lokal untuk temenin dia jelajah gua batu tersebut. You know what happened? They never came back...dan ga ada yang tau kemana mereka dan apa yg terjadi pada mereka di dalam gua tersebut. Tim pencari juga katanya ga berani menjelajah masuk terlalu dalam, jadi ya...begitulah.


PS: To be continued...

Click HERE to read the Part 1 - Singapore
Click HERE to read the Part 2 - Thailand
Click HERE to read the Part 4 - Genting Highland

No comments:

Post a Comment

I always love comments, that means we're "interacting" ^o^
Thank you for the comment and I'll return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS