Tour 3 Negara - Part 1 : Singapore

Monday, June 16, 2008

AAAHHHH...senangnyaa....

Akhirnya bisa berangkat liburan juga... Yang selama ini dinanti-nantikan kini tibalah saatnya hohoho..

Setelah menghabiskan banyak waktu browsing sana-sini akhirnya dapat juga offer yang cucok di hati dan di kantong...hehehe Hasil browsing internet beberapa minggu akhirnya membuat kita memutuskan untuk mengambil paket Tour 3 negara dari Happy Tour & Travel. Lebih tepatnya Tour 3 negara ke Singapore-Thailand-Malaysia selama seminggu dengan budget yang "tidak terlalu menggemparkan" ^o^

Hasilnya: benar-benar keputusan yang tepat! Because all we can think while we're doing the tour is: FUN FUN FUN !! Wuah pokoknya benar-benar menyenangkan dehh.. Ada sih beberapa downside-nya, tapi overall amat sangat menyenangkan dan membuat hati gembira hohoho... ^____^

Cant wait to tell the story, so here it goes...




DAY 1:
First Destination: Singapore !
Our trip started on June 5th (Wednesday morning). We took a 10.00 am plane (Air Asia) to Batam from Soekarno-Hatta Airport, Cengkareng. The tour package is so affordable (untuk ukuran melancong ke 3 negara) and this is one of the reason why it's cheaper, yaitu penerbangan awal kita yang nggak langsung JKT-SIN melainkan JKT-BTM alias dari Jakarta ke Batam dulu, nanti dari Batam baru kita lanjut ke SIN via ferry. Hal ini selain bikin harga tour lebih murah juga bikin kita lebih murah bayar visa karena visa Sin dari Batam cuma 500 ribu.
Karena kita belum pernah menginjakkan kaki ke Batam jadi kita sih seneng-seneng aja (sekalian memperbanyak jumlah kota di Indonesia yang pernah kita kunjungi hehehe). Lagipula me & hubby are really up for adventures, jadi ke Singapore naik ferry kedengarannya menarik !

Penerbangan dari Jkt ke Batam ditempuh selama hampir 2 jam (kalo ga salah inget hehe). Sampai di Bandara Hang Nadim - Batam kita langsung digiring masuk mobil yang sudah siap menjemput kita untuk langsung melanjutkan perjalanan ke dermaga kapal ferry yang akan membawa kita ke Singapore. Oya Tour Guide kita namanya Andy, cowo masi muda umur 30-an, orangnya kocak agak tengil dikit hihi.. 


Sampai di Dermaga kita langsung check in masuk ke ferry yang sudah siap berangkat. Kapal ferry-nya nggak gede sih, ya kira-kira untuk nampung 50-an orang lah. Tadinya gw ngebayangin ferry-nya kaya ferry wisata gitu. Dulu gw pernah ke Kepulauan Seribu naik kapal ferry yang ada tempat duduk penumpang di bagian dalam dan depan, trus belakangnya ada deck terbuka dimana orang bisa berdiri di pinggir badan kapal sambil liat pemandangan laut dan kena cipratan air. Dulu waktu gw nyebrang dari Palembang ke Pulau Bangka naik kapal Jet Foil (sejenis ferry kecil) juga bentuknya kurang lebih sama kaya gitu. Nah trus gw dari tadi udah ngayal nanti makan siang sambil duduk-duduk di deck kapal kena semilir angin laut hohoho ternyata salah dugaanku! Ferry yang ini ngga ada deck belakang. Dari depan sampe belakang semua ketutup nggak ada deck, jadi dari depan sampe belakang ya isinya cuma tempat duduk penumpang, bahkan untuk taruh koper/bagasi kita pun ya di tempat yang sama dengan tempat kita duduk di dalam badan kapal itu. 

Untungnya kita dapat tempat duduk di pinggir jendela. Dan untungnya lagi kapal ferry ini kacanya lebar-lebar jadi puas banget buat liat laut yang saat itu sedang berombak kecil, bahkan (bener kata mamahku) pulau Singapore itu keliatan dari Pulau Batam. Kapal ferry-nya baru jalan aja gw udah bisa liat pulau Singapore dari kejauhan. Hmm seru juga...

a glimpse of the ferry
Kurang-lebih 1 jam kemudian kita sampai di Singapore! Mendaratnya di dermaga deket Sentosa Island. For both of us this is our 2nd times ke Singapore, tapi dulu hubby K katanya ga sempet kemana-mana while he was here, so i was so excited telling him about places i've visited several years ago waktu gw kesini.

Our First Stop: Sentosa Island.
Waktu dulu hubby K ke Singapore katanya dia ga ke Sentosa Island padahal kalo menurut gw "you've never been to Singapore if you haven't been to Sentosa Island" - lo belum pernah ke Singapore kalo belum ke Sentosa. Tempatnya seru banget, all-you-can-have "fun" in one place! 
Ada penginapan, ada pantai, ada museum, ada rides, ada underwater world, ada pertunjukan laser tepi pantai, dll.. Dulu gw kesini tempatnya udah keren banget and now it's even better. Sekarang udah ada monorail segala yang menghubungkan Sentosa Island ke sebuah mall di pulau utama Singapore. FYI Sentosa Island itu pulau buatan yang dibuat terpisah dengan the main island of Singapore, dulu dihubungkan dengan jembatan dan kereta gantung tapi sekarang udah ada tambahan monorail.


Hari pertama ini sesorean kami habiskan di Sentosa Island ini, malemnya kita nonton pertunjukan laser yg diadain di tepi pantai, jadi open-air gitu deh modelnya. Pertunjukannya musikal gitu dipaduin sama permainan laser, air dan api --- kalau dibandingin sama pertunjukan yang hampir serupa di Monas yang pernah gw liat (yang adanya tiap malam weekend), yang di Sentosa Island ini quadruple kali lebih kerenn hehehe. Nama shownya " Song of The Sea" - a must see show at Sentosa Island.

Kelar nonton pertunjukan waktu sudah menunjukkan jam 9 malam, sudah saatnya istirahat ke hotel. Malam ini kita nginep di Fragrance Hotel di daerah Geylang (alasan lain kenapa tour 3 negara ini harganya bisa murah yaitu karena pilihan hotel dan lokasi hotelnya hehe). Setelah bersih2 sebentar kita berdua nyempetin keluar lagi untuk jalan-jalan ke sekitar hotel.

Hotelnya deket jalan raya yang rame banget karena di kedua sisi jalannya banyak toko-toko makanan dan cafe-cafe kecil yang buka sampai malam dan terus ramai dikunjungi orang (padahal waktu itu hari Kamis). Gw penasaran pengen nyobain hawker food nya Singapore, terutama Mie. 
Simply because I Love Noodles, so gw bertekad pengen nyobain mie kampung ala singapore heheheh 

Di salah satu sudut Geylang Road ini kita nemuin warung mie pinggir jalan, gw pesen Shrimp Noodles (yg ternyata selain mie-nya gede2, shrimpnya juga gede2 banget), dan pas gw bilang gw pesen "iced tea" eh keluarnya teh tarik dingin hehehe Untung gw demen teh tarik ^o^ 

The result of the hawker food? Mmm... Shrimp noodlesnya biasa aja, malah gw kurang napsu makannya (mungkin karena gw minder duluan liat model mie-nya yg gede2 gitu ngga kaya bakmi ayam di Jakarta yang mie-nya kurus2 huhuhu). Gagal!


DAY 2:
Singapore City Tour
Semalem tidur kemaleman, sekarang musti bangun pagi-pagi lagi hoahm.. Untung last night udah nyempetin beberes koper so pagi ini tinggal mandi, sarapan & rapi2. Jangan lupa keluarin kacamata ^o^ karena Singapore sama aja ma Jakarta, panas terik!

Hari ini jadwalnya City Tour Singapore (yang mana pastinya bakal lebih banyak ngunjungin situs2 belanja hehehe--tapi gw udah niat ga mau banyak belanja disini karena mahal-mahal juga ntar duit gw keburu abis duluan, mending simpen aja buat di Thai & Malay). Oya, selama city tour kita selalu naik bis travel gitu, nah bis yang di Singapore ini seru banget, bentuknya bis tingkat gitu tapi bagian bawahnya cuma untuk bagasi only, jadi semua penumpang duduknya di bagian atas. Wah seru banget jadi bisa liat pemandangan lebih jelas, mana bis-nya nyaman banget pula.



First stop today: Haw Par Villa. 
Dulu gw pernah kesini juga. Haw Par Villa ini ceritanya dibangun oleh seorang pengusaha balsem. Pasti pada tau kan balsem cap macan yang dulu suka dipake bapak-ibu kita? Nah disini inilah awal mula Tiger Balm tersebut ^o^ Kalo kata Andy sang tour guide, balsem macan yang di Jakarta ngga dijamin keasliannya, jadi mumpung disini beli aja balsemnya secara ini pabriknya. Wah, ide cemerlang! Mendingan gw beliin Tiger Balm aja nih buat oleh2 ortu plus tante2ku yg sudah berumur. Namanya orangtua kan pasti seneng banget ama balsem, ya ga sih? hehehe... ^o^

Anyway, balik lagi ke cerita... Dulu si pengusaha balsem ini ngebangun Haw Par Villa ini untuk adiknya. Gile, sayang banget yah si kakak sama adiknya ini, padahal mereka berdua cowo loh. Nah trus sama sang adik akhirnya tempat ini dibuka untuk umum secara Gratis! Benar-benar keluarga pengusaha yg baik hati..

Sebetulnya disini ga banyak yang dilihat siy selain banyak hiasan dimana-mana dan patung-patung yang memang cantik-cantik dan berwarna-warni, jadi kalau mau foto-foto ya tempat ini banyak banget spot-nya. Selain itu juga ada "Gua Neraka" atau "10 courts of hell". Menurut kepercayaan mereka, di neraka tuh nanti ada 10 'courts' alias 10 sidang pengadilan bagi mereka yang berdosa. Jadi mereka akan dihukum sesuai dengan jenis dosa yang mereka perbuat selama mereka di dunia. Nah disini dibangun semacam cave alias gua (buatan) yang isinya penggambaran masing-masing 'courts' tersebut, lengkap dengan patung-patung kecil dan hiasan-hiasan yang menyeramkan dan bikin 'perasaan agak-agak ga enak' alias sedikit ngeri uhuhu.. Mana keadaannya sepi trus gua-nya gelap pula, rada nyeremin sih hohoho...


Second stop: The Merlion. 
Abis dari Haw Par Villa kita lanjut ke patung lambang negara Singapura; The Merlion. Letaknya di deket Fullerton Hotel yang dulunya bekas benteng. Untuk ke tempat patungnya berada kita musti parkir bis di seberang trus turun ngelewatin bawah kolong jembatan jalan raya. Lucu deh, kalo di Jakarta kan kolong jembatan jalan raya biasanya dipake buat rumah-rumah kumuh atau tumpukan sampah yah, nah kalau di Singapore ini kolong bawah jembatan jalan raya-nya ada starbucksnya loh! Jadi kolongnya malah dimanfaatin buat dibikin cafe-cafe kecil gitu, boro-boro ada sampah... ^o^ 
Disini cuma foto2 sebentar. Oya dari sini gedung The Esplanades yang kaya mata lalat itu keliatan juga. Mirip-mirip gedung pertokoan Selfridges di Birmingham, London.


Third Stop: Bugis Junction.
Mari blanjaa....!!
Disini tempatnya kalau mau beli souvenir atau kaos-kaos atau tas atau makanan, dll deh. Harganya lebih affordable dibanding tempat belanja souvenir misal di Sentosa island kemaren. Puas belanja souvenir (gantungan kunci, mug, magnet, kaos "i love singapore" dan "singapore is a fine city"), gw juga beli snowglobe deh. Gw belum crita ya, gw pengen koleksi snowglobe dari berbagai negara hehe..


Fourth Stop: ChinaTown
Karena di Bugis Junction tadi udah banyak belanja souvenir jadi disini gw niatnya udah ga mau belanja souvenir lagi. Pikiran gw sisanya mau beli souvenir di Thai dan Malay aja. Trus gw masuk ke WATSONS (toko beauty/pharmacy gitu yang barang2nya lebih murah disini daripada di Jakarta), kebetulan gw lagi nyari lipbalm dan setelah pilah-pilih akhirnya memutuskan beli CHAPSTICK Lipbalm Classic yg rasa Strawberry, sama sabun PALMOLIVE Thermal Spa Shower Cream - with seaweed extracts yg kebetulan lagi diskon jadi cuma $2.

Nah pas keluar dari Watsons, gw nengok ke kiri eh ada toko souvenir gede gitu yang majang tulisan "3 for $10". Emang sih di Spore banyak banget toko souvenir kaya gini, semuanya rata-rata memajang tulisan yang sama: "3 for $10", tapi toko yang ini gw liat lebih gede dan barangnya lebih beragam dari yang sebelumnya gw liat. 

Ah tapi kan tadi niatnya gw ngga mau belanja souvenir lagi, gitu pikir gw. Eh pas lagi mikir gitu tiba2 si hubby malah ngajak2 kesitu:

Hubby :  "Yang, masuk aja yuk, beli souvenir lagi ga?"
Gw      :  "Ah, ga usah lah, tadi udah banyak beli di Bugis"
Hubby :  "Gapapa lah, dollarnya tinggal berapa? mau diabisin aja? kan abis ini mo ke Thailand"
Gw      :  "Hmm, tinggal dikit siy. Tapi kan abis ini mo ke orchard dulu"
Hubby : "Kan tadi katanya kalo di orchard ga mau belanja? kalopun belanja mau pake creditcard aja?"
Gw       :  "Iya siy...hmm..tapi takut boros ah, apa ga mending kita tuker aja sisa dollarnya?"
Hubby  :  "Eh tapi itu ada patung buddha tuh, kan si erik nitip" (adek gw emang nitip patung buddha kecil buat oleh2)
Gw     :  (ngintip etalase toko) "Wah iya juga ya... Ah tapi kan ntar di Thailand pasti banyak souvenir patung buddha juga"
Gw      :  (ngintip lagi ke etalase toko - wah kok barangnya banyak amat macemnya, ada yang lucu tuh kayanya. Ada yang kaya giok gitu patungnya, lucu juga buat oleh2 mama mertua...hmmm)
Gw       :  "Eh yang, apa beli patung buddha nya disini aja ya sekalian liat2 dulu?" #DasarLabil

Hubby: (senyum2 misterius... Antara geleng2 kepala sama geli sendiri kayanya.. Atau mungkin sebenernya mau ngetawain tapi ga berani takut istrinya nanti bete dan mengeluarkan muka lipat tujuh sepanjang perjalanan ke Thailand...hohohoho)

Anyway, 15 menit kemudian end-up nya gw keluar dari toko itu dengan menenteng kantong plastik berisi:
- Patung buddha kecil warna emas buat adek gw
- 2 set placemat / alas buat makan plus sumpitnya (1 set isi 4) buat nyokap gw & mamah mertua
- Accessory box ukuran medium motif kain cina warna pucat yang cantik
- 1 asbak besar (oleh2 buat bos-nya hubby)
- Dan 1 gantungan kunci lagi. 

Hhhh... So much for a person yang awalnya bilang "ga mau blanja souvenir lagi" ^o^



Last Stop: Orchard Road.
Kalo disini jalan-jalan aja deh soalnya dollar singapore masih mahal sih, sekitar 7 ribuan jadi sayang juga kalo musti ngabisin duit disini. Di Orchard ini cuma 1 yang gw pengen liat, biasa lah, Charles & Keith. Tapi berhubung kita kelamaan liat-liat Lucky Plaza dan Takashimaya akhirnya pas ke Isetan cuma sempet liat sale Guess doang. Sempet pengen beli barang sale-nya The Body Shop yang kebetulan harganya lebih murah dikit dibanding di Indo tapi karena ragu-ragu dan kelamaan mikir akhirnya ga jadi deh huhuhu Ya sutralah gapapa ga jadi liat-liat Charles & Keith toh nanti di Malaysia bakalan ke Vincci (begitu kata otak gw waktu itu) ^o^

Dari Orchard Road si Andy (tourguide) buru-buru nyuruh kita masuk ke bis karena kita akan ganti bis dan berangkat ke Thailand (via overland). Nah sempet ada kejadian yang bikin deg2an nih disini, pasalnya ada 2 anggota tour kita (pasangan bapak2 & ibu2) yang nyasar dan hampir ketinggalan bis, pfiuh! Untung aja nggak ditinggalin bis tuh. Katanya awalnya (sebelum anggota tour berpencar di Orchard road untuk kemudian janjian balik lagi pada tempat yang sudah ditentukan) mereka-pasangan-nyasar itu bilang gini "tenang aja, saya masih hafal jalanan Singapur, wong saya tahun 73 tuh pernah tinggal disini" --- Mmm... oke, tahun 2008 dikurangi 1973 = ...? hehe No comment aja deh ya, takut dosa..fufufu... ^o^

Anyway, dari Orchard Road ini kita langsung pindah ke bus yang menuju Thailand. Tapi untuk cerita berikutnya baca di post selanjutnya aja ya, biar nggak kepanjangan disini ;p


PS: To be continued on the next post!


Click HERE to see the Thailand post
Click HERE to see the Malaysia post (Kuala Lumpur, Batu Cave)
Click HERE to see the Malaysia post (Genting Higlands & Putrajaya)



^_~

No comments:

Post a Comment

I always love comments, that means we're "interacting" ^o^
Thank you for the comment and I'll return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS