Places: Ocean Dream - Ancol

Wednesday, February 8, 2012

(Versi editan tulisan ini sudah saya publish terlebih dulu di Kompasiana untuk Kompasiana Ancol Blog Competition - and I won 3rd Place ! Yayy! )

Desember lalu tepatnya 3 hari menjelang tahun baru 2012 saya diajak kakak sepupu saya yang kebetulan ingin mengajak anak-anak nya ke Ancol untuk liburan akhir tahun. Berhubung saya lagi haus hiburan jadi berangkatlah saya bersama rombongan sepupu dan keponakan ke Taman Impian Jaya Ancol di utara Jakarta.

Sesampainya di Ancol karena sudah memasuki jam makan siang kami memutuskan untuk makan siang terlebih dulu. Di area Ancol banyak sekali tempat pilihan makanan, dari fast food sampai restoran sea food, tinggal pilih mau yang mana. Berhubung hari itu rombongan kami banyak anak kecilnya jadi biar praktis kami memutuskan untuk makan siang di salah satu restoran fast food di area dekat pantai. Wah begitu turun dari mobil dan berjalan menuju resto langsung terasa hawa pantainya. Pohon-pohon nyiur yang tinggi semampai ditambah hembusan angin yang sejuk langsung membuat suasana liburan makin terasa, benar-benar pergantian suasana yang segar dari pemandangan Jakarta yang hiruk pikuk. Hmm…sepertinya kalau lagi suntuk boleh juga datang ke Ancol, walaupun cuma duduk-duduk di sekitaran pantai aja rasanya sudah cukup menyenangkan.

Selesai makan baru deh susun rencana. Ancol itu luas banget dan banyak banget arena rekreasi di dalamnya, selain Dufan dan Atlantis Waterpark juga ada Gelanggang Samudera / Ocean Dream Samudera, area bermain Outbond, Eco Park, Pasar Seni, sampai Putri Duyung Resort. Karena kita sudah punya rencana awal untuk ke Gelanggang Samudra jadi akhirnya kita langsung meluncur kesana setelah makan siang. Saat itu parkiran penuh! Tapi area parkirnya luas banget kok jadi nggak lama kemudian kami pun dapat parkir. Masuk ke area Ocean Dream Samudra bikin mata segar karena area nya rimbun dengan banyak pohon besar dan rumput hijau di kiri kanan jalan. Teriknya langit Jakarta hari itu tidak terasa terlalu menggigit di balik rimbunnya pepohonan. Andai saja di tengah-tengah kota Jakarta juga banyak taman rimbun seperti ini ya…

Di Gelanggang Samudra atau yang sekarang namanya menjadi Ocean Dream Samudera, kita rencananya mau nonton atraksi balet air “Mermaid &The Pearl” di Underwater Theater Ocean Dream, dan pastinya juga nonton teater 4 dimensi dong! Teater 4 Dimensi ini dalam sehari diputar beberapa kali, sama seperti semua atraksi lain di Ocean Dream ini. Di pintu depan kamu bisa minta brosur berisi jadwal atraksi lengkap dengan lokasi dan jam nya.

Poster film-film teater 4 Dimensi
para keponakan sedang diskusi menentukan show mana yang akan ditonton selanjutnya

Tiket masuk Ocean Dream seharga IDR 90.000 (weekdays) dan IDR 110.000 (weekend) berlaku untuk semua atraksi di dalam Ocean Dream kecuali “Swimming with Dolphins“. Berhubung saat itu sedang ada diskon kartu kredit jadi kami membayar dengan harga diskon yang lumayan. Setelah melihat jadwal tiap pertunjukan di brosur kami pun memutuskan untuk nonton Caribbean Pirates Show terlebih dahulu.

Caribbean Pirates Show menggabungkan seni peran dengan atraksi air seperti atraksi jet ski ditambah aksi-aksi seru para pemainnya yang meluncur di tali, loncat salto, dan lainnya. Ditambah pula dengan adegan “bom meledak” yang mengagetkan penonton dengan suara keras dari semacam petasan. Sesuai judulnya tema dari show ini adalah bajak laut. Karena saat kami datang semua kursi belakang sudah penuh jadi kami mendapatkan tempat duduk di bagian depan (yang terik kena matahari huhuhu). Lalu pada beberapa adegan, si bajak laut ini beraksi tepat di depan kursi penonton dan bahkan sampai loncat ke depan keponakan-keponakan saya hahaha mereka semua (termasuk saya) jadi ikut terhentak karena kaget. Dan karena ini adalah atraksi air jadi di beberapa area tempat duduk bagian depan ikut terkena basah karena cipratan air dari jet ski yang sedang beraksi hehehe tapi seruuu…!

Selesai dari Caribbean Pirates kami segera menuju ke pertunjukan Singa Laut & Lumba-lumba. Ini termasuk pertunjukan favorit saya sedari kecil (dulu saya pernah difoto sambil dicium singa laut lho hehehe). Di pertunjukan singa laut ini seperti biasa ada atraksi singa laut yang lucu-lucu dan menggemaskan. Ada singa laut jantan yang bisa goyang dangdut ala Sule lho hehehe dan yang betina nya bisa dansa berdiri sambil pegangan tangan dengan instrukturnya, sungguh bikin kami tertawa lebar.

Setelah singa laut selesai lalu keluarlah hewan favorit saya: Dolphins alias lumba-lumba! Di Ocean Dreams ini juga ada arena “Swimming with Doplhins” lho, mungkin lain waktu kalau saya ada rejeki bisa ikutan berenang bareng lumba-lumba disini, soalnya mahal sih hehe.

Usai pertunjukan singa laut dan lumba-lumba kami langsung menuju ke Underwater Theater untuk melihat pertunjukan Mermaid & The Pearl Aquatic Dance ala Rusia. Pertunjukan ini adalah tarian di bawah air yang dimainkan oleh para underwater dancer dan juga lumba-lumba, tema nya adalah putri duyung & mutiara. Jadi kita menonton dengan cara duduk manis di depan aquarium raksasa yang ada di dalam gedung pertunjukan ber-AC di arena Ocean Dream Samudra ini. Seperti ini nih aquarium raksasanya:

Dan berikut adalah cuplikan show nya:

Setelah pertunjukan usai kami pun segera bergegas ke teater 4 dimensi karena pertunjukan selanjutnya akan segera dimulai. Dari beberapa film yang diputar hari itu kami kebagian yang judulnya “Dora Adventure”. Teater 4 Dimensi ini adalah teater unik dimana kita tidak hanya menonton film dengan kacamata 3 dimensi tetapi juga dikejutkan dengan hembusan angin serta percikan air sesuai dengan alur film. Menurut saya sih jauh lebih seru film Turtle Vision yang dulu saya pernah tonton disini dibanding film Dora ini, keponakan saya juga bilang yang sama.

Dari teater 4 dimensi ini kami beristirahat sebentar sebelum melanjutkan adventure kami hari itu. Hari semakin sore dan pengunjung Ancol masih tetap ramai. Untungnya area publik yang luas dan rindang tidak membuat suasana menjadi sumpek.

Petualangan kami di Ancol tidak berhenti sampai disitu. Kami pun melanjutkan petualangan kami dengan keluar dari arena Ocean Dream dan menuju ke tempat Gondola. Ya, kami berencana untuk menikmati sore hari yang indah melalui gondola. Harga naik gondola IDR 40.000 dan banyak diskon yang tersedia juga, bahkan ada papan yang khusus memberitahu diskon spesial yang sedang berlangsung. Gondola nya sendiri muat sampai dengan 6 orang, dan jangan khawatir, Gondola ini cukup aman kok, terlihat dari fasilitas nya yang nampak masih baru dan terawat. Di dalam gondola nya juga cukup luas, bersih dan nyaman. Pintu nya pun otomatis, ditambah lagi jendela-jendela besar yang menampilkan pemandangan indah dari segala sudut.

Yang membuat gondola di Ancol ini unik adalah pemandangannya; di satu sisi kita bisa melihat hampir keseluruhan area Ancol yang super luas, dan di sisi lainnya kita bisa melihat pemandangan laut yang seakan tidak bertepi, lengkap dengan kapal-kapal di kejauhan. Sementara di bawah gondola kita dapat melihat jalur pantai di sepanjang Ancol. Benar-benar pengalaman yang unik.

Tidak terasa hari sudah semakin sore, turun dari gondola kami memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati bakso panas di salah satu area makan yang tersebar di Ancol. Matahari sudah mulai terbenam, langit pun siap berganti malam, tandanya kami harus mengakhiri petualangan seru kami kali ini.

Tak terasa sudah seharian kami menghabiskan waktu disini. Satu hari di Ancol adalah salah satu cara menyenangkan untuk melengkapi liburan akhir tahun. Banyak sekali aktifitas yang dapat dilakukan disini, dan semuanya seru, baik untuk anak kecil maupun dewasa. Jadi tidak salah kalau Ancol dapat dipilih sebagai salah satu alternatif tempat berlibur, dan rasanya satu hari di Ancol pun belum cukup untuk menjelajahi semua tempat.

Bagi rombongan kami, satu hari di Ancol kali ini adalah sebuah liburan akhir tahun yang menyenangkan. Hari itu, kami pun pulang dengan hati gembira dan senyum super lebar.

1. i just went to Ancol this imlek, unfortunately we didn't go to Ocean Dream (didn't realize it's already changed name from Gelanggang Samudra) .. fr your review, seemed like now there is some good ocean-animal performances over there .. maybe next time we stopped by the Ocean Dream ..

2. Hi Rebecca, iya sekarang namanya jadi Ocean Dream dan banyak tambahan show yang cukup menarik, apalagi untuk anak-anak, lumayan seru :)

I always love comments, that means we're "interacting" ^o^
Thank you for the comment and I'll return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^