Places : Hutan Pinus Gunung Pancar

Tuesday, July 2, 2019

Hellawww!!

Wadidawwww... ini blog udah kaya apaan aja nggak pernah ditengok ih. Janji janji palsu mau aktif nulis review tempat tempat yang dikunjungi eh taunya nggak pernah dibuka ini blog hehehe Maapkan yah pemirssahh...

Anyway, gara gara lagi planning rencana liburan jadinya akhir akhir ini jadi sering baca blog orang yang nulis tentang liburan. Dan gara gara baca-baca itulah jadi ada semangat lagi mau nulis pengalaman di blog sendiri juga, itung itung bersihin debu di blog ini hehehe...

Langsung aja yah, kali ini mau cerita tentang Hutan Pinus Gunung Pancar :



Jadi waktu itu iseng aja pengen main ke yang nggak jauh dari Jakarta tapi suasananya beda. Antara mau ke Bogor atau ke Hutan Mangrove di PIK, tapi akhirnya memutuskan untuk ke Sentul aja karena banyak cafe lucu ternyata di Sentul hehe..

Pagi pagi kita meluncur ke Sentul lewat tol Jagorawi, dan jalanan lancar jaya karena weekend. Begitu sampai Sentul kita langsung cari cafe untuk sarapan. Awalnya sih kita langsung meluncur ke Popolo Cafe yang lokasinya di depan Taman Budaya Sentul, eh taunya nggak dapet parkir disitu karena sepertinya lagi ada banyak rombongan dan banyak bis yang lagi ke Taman Budaya, yang mengakibatkan kami nggak dapat parkir walaupun udah muter dua kali keluar masuk parkiran. 

Akhirnya memutuskan untuk ganti lokasi ke Anthology Cafe yang letaknya nggak jauh. Ini cafe juga lucu dan suasananya bikin beda (review menyusul yak!). Saking asiknya suasana di Anthology kita gak sadar ternyata udah menghabiskan waktu cukup lama disitu, keburu mau siang deh. Seteleh sadar bahwa hari sudah makin siang maka sehabis ngopi di Anthology kita langsung naik ke arah atas Sentul menuju Hutan Pinus Gunung Pancar.



Cari jalan ke arah Hutan Pinus Gunung Pancar tinggal pakai aplikasi google maps atau Waze aja. Ikutin jalan yang memang melewati area perkampungan warga lokal, terus menanjak menuju kearah atas. Jadi di Sentul ini ada area hutan rakyat gitu, namanya Gunung Pancar. Nah hutan pinus tempat saya foto foto ini letaknya di depan gerbang masuk Gunung Pancar. Jadi nggak masuk ke dalamnya ya alias cuma di pinggir jalan aja ini hihihi ...

Tapi walaupun cuma di pinggir jalan udah keliatan serasa di hutan kaann tuh foto fotonyaa? Ya kaann? hhihihiii...

Nah tapiiii... kalau kalian mau lebih puas lagi foto fotonya atau pengen nikmatin suasana alam dan hutan pinus benerannya ya kalian tinggal terusin aja masuk gerbang gunung Pancar terus naik ke atas. Masuknya bayar tapi murah kok. Kata teman saya yang udah pernah kesana dan kalau lihat dari website nya sih di dalam hutan gunung Pancar itu bagus dan sudah tertata rapi, ada area perkemahan (dari Camping sampai Glamping juga ada), layout jalan dan area publik serta fasilitas publik juga lengkap, dan ada spot foto foto juga lho, lengkap dengan hammock susun yang digantung diantara dua batang pohon segala (ala-ala instagrammable gitu lah ceritanya).

(Pics source: www.gunungpancar.com)


Nampak seru ya?

Sementara kalau tempat saya foto-foto ini letaknya tepat sebelum gerbang masuk pertama, itu di sebelah kiri nya ada parkiran besar yang ada warung warung indomie hehe. Nah kita parkir disitu karena ngeliat di pinggir jalan aja itu udah hutan pinus tinggi tinggi banget. Dan ada jalan setapak yang bisa dimasukin warga lokal untuk ke hutan. Kita masuknya dari situ guys, jadi dari pinggir jalan raya banget hehe.. Yah karena keperluannya emang cuma mau foto foto diantara hutan pinus (dan saat itu hari udah beranjak panas) jadi kita sih ngerasa cukup aja masuk dari pinggir jalan, dan nggak masuk sampai ke hutan gunung Pancar beneran-nya.

Ini sebenernya antara mau hemat nggak bayar masuk karena cuma untuk foto atau males masuk ke dalam hutan benerannya karena outfit lagi nggak pas buat dipake jalan di hutan (wong outfit ala turis gitu bukan ala pecinta alam 😅). 

Jadi kalau kalian mau totalitas atau memang mau enjoy suasana gunung dan hutan nya sih saya saranin terus masuk melalui gerbang berbayar-nya, kalau di pinggir jalan kaya saya foto ini ya nggak ada apa apa soalnya, cuma pohon pohon aja, dan nggak ada jalur rute musti kemana di dalam hutan nya gitu loh, nanti malah nyasar kan serem, jadi mending masuk aja ke hutan beneran nya. Kali ini berhubung eyke cuma mau foto dan outfit ga pas (+ sepatu licin) jadi ini foto pinggir jalan aja udah puas sih eyke rasanya hehe..



Buat kalian yang tinggal di Jakarta main ke daerah Sentul juga asik loh. Selain ada hutan pinus dan area camping di hutan ini di Sentul juga ada cafe-cafe dan tempat makan lucu yang beda suasana sama di Jakarta. Untuk pilihan aktifitas keluarga ada Taman Budaya Sentul dan Jungle Land, dan ada Air Terjun alami juga di Sentul (search di google map). Ada penginapan yang lumayan cakep juga di seputaran Sentul (saya ngincer pengen nginep di Edensor 😊). Lumayan lah buat yang penat sama kemacetan dan keruwetan Jakarta, pengen melipir yang bikin suasana beda tapi nggak mau jalan jauh-jauh, ke Sentul bisa jadi pilihan untuk weekend atau mini getaway. 

Cuss yang mau cari suasana baru daripada weekend di rumah aja, atau mau ajak keluarga ke hutan pinus langsung search di google maps : "Hutan Pinus Gunung Pancar" yaa...



Hutan Pinus Gunung Pancar
web : https://www.gunungpancar.com/





Cheers,

No comments:

Post a Comment

I always love comments, that means we're "interacting" ^o^
Thank you for the comment and I'll return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS